Minggu, 05 Mei 2013

GUNUNG PENAGGUNGAN, GUNUNG BERAPI YANG SEDANG TERTIDUR



   Dari banyaknya gunung yang ada di provinsi Jawa Timur ada salah satu gunung yang harus didaki bagi para pendaki maupun orang awam yang ingin berwisata alam menikmati indahnya Pegunungan yaitu Gunung Penanggungan. gunung ini hanya memiliki ketinggian 1.653 meter di atas permukaan laut dan hanya membutuhkan waktu 5 jam untuk mencapai puncak. Gunung ini terletak di dua kabupaten yaitu Mojokerto dan Pasuruan, Jawa Timur. Dengan koordinat 7,62°LS 112,63°BT.
   
  Dahulu gunung ini di sebut dengan gunung Pawitra yang bermakna kabut, karena puncaknya yang runcing selalu tertutup kabut. Gunung ini juga gunung yang sangat di hormati karena sering dianggap sebagai kediaman para dewa, setidaknya ada sekitar 81 situs arkeologi di gunung, sebagian besar pada sisi-sisi utara dan barat. Reruntuhan tempat-tempat suci, monumen, dan situs mandi suci masa Hindu yang ditemukan, yang membentang lebih dari 5 abad dari tahun 977 sampai 1511.

 
Jenis gunung ini adalah Stratovolcano yaitu trato berarti kerucut dan volcano berarti gunung api, jadi kurang lebih stratovolcano dapat diartikan gunung api yang bentuknya menyerupai kerucut. Gunung Penanggungan terletak di sebelah utara Gunung Arjuna (3.339 m) dan Gunung Welirang (3.156m). dan gunung ini dikelilingi oleh empat gunung di sekitarnya, yaitu Gn. Gajah Mungkur (1.084 m), Gn. Bekel (1.2040 m), Gn. Sarahklopo (1235 m) dan Gn. Kemuncup (1.238 m).

  Untuk menempuh gunung Penanggungan ini anda bisa melakukan pendakian dengan beberapa jalur diantaranya: Jalur Tamiajeng, Jalur Ngoro, Jalur kalihputh dan jalur jolo tundo. Gunung itu dapat dicapai dengan kendaraan bermotor dari Surabaya atau Malang menuju ke Pandaan, lalu ke Trawas dan terakhir aspal di Jolotundo. Perjalanan dilanjutkan melalui jalan setapak yang relatif mudah.


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar