Minggu, 07 April 2013

PELATIHAN KADER KONSERVASI TINGKAT PEMULA

PELATIHAN KADER KONSERVASI TINGKAT PEMULA

     Dengan melihat banyaknya permasalahan di lingkungan ini, semakin banyak juga tanda kurangnya cinta dan perhatian kita terhadap alam yang telah memberikan sebuah arti kehidupan sehingga kita hanya berpangku tangan tanpa melakukan sebuah tindakan. ”Isu kehutanan dalam tiga dasa warsa terakhir selalu menitikberatkan pada dampak deforestasi dalam skala domestik, seperti longsor, banjir bandang, konflik manusia dengan satwa liar, perburuan satwa langka, bencana kekeringan serta penurunan kuantitas dan kualitas air untuk pertanian dan konsumsi masyarakat.” Kemudian, isu ini bergeser dalam dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi agenda isu yang lebih strategis dalam skala internasional, yakni perubahan iklim dan pemanasan global.

    Untuk itu peran kader konservasi merupakan ujung tombak di masyarakat untuk melestarikan sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya. Dengan meningkatnya kapasitas Kader Konservasi ini dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas sumberdaya alam (SDA) akan berperan lebih optimal bagi kegiatan konservasi. Sehubungan dengan diperingati hari bumi ini, kita mengadakan kegiatan yang bermanfaat yaitu Pendidikan dan Pelatihan Kader Konservasi tingkat pemula. Karena kita sebagai manusia yang sadar akan kondisi lingkungannya, kita harus mau berbuat suatu tindakan peduli lingkungan.

    Pada dasarnya pembangunan Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya adalah merupakan pembangunan yang menyeluruh dan terpadu untuk meningkatkan Sumber Daya Alam Hayati bagi kesejateraan kehidupan masyarakat dalam manjaga dan melestarikan keberadaan Sumber Daya Alam. Model pendidikan konservasi yang dilaksanakan antara lain melalui sosialisasi, diskusi, kemah konservasi, dan pembinaan kader-kader konservasi. Keberadaan kader-kader ini diharapkan dapat diandalkan sebagai pelopor dan ikut serta menyebarluaskan atau mempropagandakan akan pentingnya pengembangan konservasi sumber daya alam, khususnya di wilayah sidoarjo dan sekitarnya. Pemanfaatan potensi kawasan diharapkan dapat melibatkan masyarakat dan kader-kader konservasi sebagai mitra untuk mendorong terwujudnya keberadaan masyarakat yang sejahtera di sekitar atau di dalam kawasan konservasi.

     Dengan penyelenggaraan kegiatan ini dapat membuat generasi muda memiliki kepedulian dan rasa empati terhadap kondisi hutan dan lingkungannya, yang dengan harapan mereka mampu menjadi kader- kader untuk menyampaikan pesan-pesan Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya kepada masyarakat.

     untuk informasi lebih lengkap tentang kegiatan ini bisa di lihat di brosur dan bagi pembaca yang berminat silakan menghubungi Rizky dan Rezky dan mengisi lengkap formulir pendaftaran. semoga info ini bermanfaat salam lestari......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar