Selasa, 30 April 2013

Pendidikan Dan Pelatihan Kader Konservasi


 Pendidikan dan pelatihan kader konservasi

       Pendidikan ini dilaksanakan mulai tanggal 25-28 April 2013 untuk memperingati hari bumi, dan peserta yang mengikuti ada 22  orang dari berbagai organisasi mahasiswa pecinta alam se jawa timur. 
Adapun  materi yang diberikan sangat banyak yang meliputi dasar konservasi hingga SAR.

Kegiatan dimulai pada hari kamis 25 April di pagi hari, mulai dari pembukaan yang di hadiri oleh wakil rektor III bagian kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan beberapa sambutan dari ketua pelaksana dan ketua umum Himmpas.

Setelah pembukaan selesai dilanjutkan materi oleh balai konservasi sumberdaya alam (BKSDA) dan mulai istirahat pukul 12.00 WIB kemudian dilanjutkan lagi pada pukul 13.00 WIB dan materi tetap oleh BKSDA, hingga akhirnya pukul 14.00 WIB materi dilanjutkan oleh dosen ekologi dari ITS dan selesei pukul 16.00 WIB. 

Kegiatan kami berlanjut di hari kedua, kali ini kegiatan tetap di adakan di kelas dan tanpa ada perubahan jadwal tetap berjalan hingga selesai, dan selesai materi yang ada di kelas semua dari peserta sudah bersiap untuk mengemas berbekalannya untuk dibawah ke lokasi pengaplikasian materi. dan pemberangkatanpun dimulai setelah maghrib dengan menggunakan 2 mobil L300 menuju lokasi pemberangkatan yaitu di pet bocor lereng dari gunung Arjuno Welirang. 

Sampai di lokasi tenda barak sudah menyambut peserta pelatihan, dan sebagian dari mereka langsung beristirahat dan ada juga yang bersenda gurau dahulu. dan kegiatanpun dilanjutkan pagi-pagi sekali untuk pengamatan tumbuhan dan burung.

Hingga menjelang siang pemateri dari BASARNAS sudah menunggu kegiatanpun berlanjut hingga siang menjelang sore, dan setelah sore tiba seluruh peserta bersantai, tapi ada satu peserta yang turut membantu panitia untuk mengumpulkan kayu kering yang akan digunakan untuk api unggun di malam hari.

Akhirnya ramah tamah dan api unggun dimulai kita bisa berkenalan dan bersenda gurau dengan rekan-rekan, dan berakhir di pagi hari berlanjut dengan jalan-jalan ke air terjun alap-alap.

Untuk materi bisa download di sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar